tamu isi

Ukuran Lapangan Atletik


Ukuran Lapangan Atletik
Tempat atau arena untuk olahraga atletik bisa berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tempatnya bisa berupa lintasan (track) dan bisa berupa lapangan (field). Panjang lintasan outdoor 400 m dengan jumlah jalur 6-10 buah. Sedangkan untuk lintasan indoor 200 m berbentuk oval dengan jumlah jalur 4-8 buah.
Cabang atletik yang biasanya memakai lintasan (track) adalah cabang lari, dan bisa dilakukan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor). Lintasan yang berada di dalam ruangan, biasanya berupa lintasan yang terletak di pinggir lapangan dan mengelilingi lapangan rumput atau karpet rumput buatan yang biasa dipakai oleh tim sepakbola untuk bertanding.
Adapun yang biasanya memakai lapangan (field) adalah cabang lompat dan lempar. Cabang atletik kombinasi seperti Triathlon, Pentathlon, Heptathlon, dan Decathlon menggunakan 2 arena, baik lintasan maupun lapangan.
Lapangan (field) yang dipakai untuk tolak peluru berbentuk lingkaran berdiameter 2,135 m. Lingkarannya terbuat dari besi dengan tebal minimal 6 mm. Di bagian atas lingkaran besi dibuat garis sepanjang 5 cm. Bagian dalam lingkaran yang terbuat dari bahan yang padat harus merupakan bidang datar antara 20 mm - 6 mm. Panjang balok penahan 1,21 - 1,23 m dan ketebalan 9,8-10,2 cm.
Adapun ukuran lapangan untuk lompat jauh, jarak awalan lari sampai balok tumpuan adalah 45 m, balok tumpuan tebalnya 10 cm, panjangnya 1,72m, dan lebarnya 30 cm, bak lompatan panjangnya 9 m, lebar 2.75 m dengan kedalaman bak lompat kurang lebih 1 meter. Lebar lintasan awalan 122 cm, dengan lebar papan tumpuATLETIK 20 cm, dan panjang papan tumpu 122 cm.







                      



Denah Lapangan dan Alat-Alat yang Digunakan






Recommended Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar - Kembali ke Konten

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

Alexa Site Info

Categories