tamu isi

SISTEM EKSKRESI PADA IKAN AIR TAWAR

SISTEM EKSKRESI PADA IKAN AIR TAWAR
Ikan air tawar menghabiskan seluruh hidup mereka di air tawar, seperti sungai dan danau , dengan  salinitas  kurang dari 0,05%. Ini berbeda dari kondisi lingkungan laut dalam banyak hal, yang jelas perbedaan yang paling utama adalah tingkat salinitas.  Untuk bertahan hidup air tawar, ikan memerlukan kisaran adaptasi  fisiologis  untuk menjaga konsentrasi keseimbangan ion di tubuh mereka.
41% dari semua spesies ikan ditemukan di air tawar. Hal ini terutama disebabkan oleh habitat dari spesies  yang memungkinkan cepat tersebar. Ketika berhadapan dengan kolam dan danau, orang mungkin menggunakan model dasar yang sama seperti ketika mempelajari spesies biogeografi pulau.
Ikan air tawar berbeda fisiologis dari ikan air garam dalam beberapa hal.  Insang mereka harus mampu mernetralisir gas terlarut sekaligus mempertahankan garam di dalam cairan tubuh. Cara mereka mengurangi difusi air melalui kulit: ikan air tawar yang telah kehilangan terlalu banyak garam akan mati. Didalam tubuh ikan air tawar juga telah berkembang dengan baik ginjal untuk mengambil kembali garam dari cairan tubuh sebelum ekskresi.

Sistem ekskresi
Seperti banyak hewan air, sebagian besar ikan mengeluarkan limbah nitrogen sebagai amonia . Beberapa limbah menyebar melalui insang. Limbah darah disaring oleh ginjal .
Ikan Asin cenderung kehilangan air karena osmosis. Ginjal mereka mengembalikan air kedalam tubuh. Hal sebaliknya terjadi pada ikan air tawar : mereka cenderung untuk mendapatkan air melalui osmosis. Ginjal mereka menghasilkan urin encer untuk ekskresi. Beberapa jenis ikan tertentu menyesuaikan fungsi ginjal yang bervariasi, yang memungkinkan mereka untuk pindah dari air tawar ke air asin.
Alat ekskresi pada ikan air tawar berupa sepasang ginjal berwarna kemerah-merahan, terletak di antara gelembung udara depan dan belakang. Ginjal dilengkapi saluran urine, yang muaranya menyatu dengan muara saluran kelamin, sehingga disebut muara saluran urogenitalia. Ikan-ikan jenis lain ada yang memiliki tiga saluran muara, yaitu saluran urine, kelamin, dan anus menyatu disebut kloaka.
Ikan air laut banyak minum, namun mengeluarkan sedikit urine. Garam-garam yang masuk bersama air yang diminum, akan dikeluarkan secara aktif melalui insang. Ikan air tawar sedikit minum namun banyak mengeluarkan urine. Di samping itu, ikan air tawar juga menghemat garam dan membersihkan tubuhnya dari zat-zat sisa senyawa nitrogen.


Recommended Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar - Kembali ke Konten

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

Alexa Site Info

Categories